Iklan

Iklan

Pendahuluan

detikDocs adalah dokumen tutorial digital untuk membantu para praktisi dan profesional di berbagai bidang ilmu seperti ilmu komputer, akutansi,dll. Dokumen disajikan secara aktual dan pada beberapa topik disertakan contoh kasus sehingga para praktisi dapat melakukan uji coba dalam memahami tutorial. Pada masing-masing halaman Anda bisa melakukan interaksi secara aktif melalui form komentar dan dapat juga membalas komentar.


Linux

Linux (atau GNU/Linux, lihat kontroversi penamaannya) adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sistem operasi Mirip-Unix yang menggunakan Kernel Linux sebagai kernelnya. Linux merupakan proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka terbesar di dunia. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Linux telah lama dikenal sebagai sistem yang fleksibel dan aman untuk penggunaan di peladen-peladen serta banyak didukung oleh perusahan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon pintar berbasis Android dan router.

Berbagai pengamat teknologi informasi menganggaap bahwa kesuksesan Linux dikarenakan distribusi Linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan sistem operasi Unix tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model perangkat lunak sumber terbuka.

Jenis-jenis distro Linux OS

Sistem operasi lunux yang fleksibel sehingga linux memiliki banyak varian distro diantaranya:

  • Debian GNU/Linux: Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang debian bisa baca disini Debian
  • Ubuntu: Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian, dengan kata lain Ubuntu merupakan turunan dari debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Memang dari segi kode perintah Debian dan Ubuntu tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga pengguna debian tidak akan kebingungan jika beralih ke Ubuntu ataupun sebaliknya.
  • Linux Mint: Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu,dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
  • Red Hat Enterprise Linux: Red Hat (NASDAQ: RHAT) adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber terbuka. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama.
  • Centos: CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
  • Fedora: Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds.

Masih banyak distro lain yang beredar seperti distro buatan Indonesia Garuda dan BlankOn. Jika kita telusuri masih banyak lagi distro linux yang berkembang dan akan terus bertambah.


PHP

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

PHP sudah ada sejak tahun 1995, pertama kali diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf, pada saat itu PHP diberi nama Form Interpreted (FI). Perusahaan bernama Zend pada Juni 1998, merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Server web bawaan ditambahkan pada versi 5.4 untuk mempermudah pengembang menjalankan kode PHP tanpa menginstall software server.

Pada 17 Februari 2017 PHP versi stable 7.0.16 dan 7.1.2 resmi rilis, meskipun untuk migrasi dari PHP 5.6 ke PHP 7 terdapat beberapa fungsi PHP 5.6 yang tidak bisa digunakan di PHP 7 seperti fungsi mysql menjadi mysqli. Beberapa fungsi yang sudah dihilangkan dengan pertimangan peningkatan perfomance, kecepatan PHP 7 7x lebih cepat dari PHP 5.6.

<?php echo "Hallo Indonesia"; ?>

Anda dapat mempelajari pemograman PHP melalui artikel tutorial kami atau melalui situs resmi yaitu php.net.


PWA (Progressive Web Apps)

Progressive Web Apps (PWA) adalah jenis aplikasi seluler yang dikirim melalui web, dibangun menggunakan teknologi web umum termasuk HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka dimaksudkan untuk bekerja pada platform apa pun yang menggunakan browser yang sesuai standar. Fungsionalitas termasuk bekerja offline, pemberitahuan push, dan akses perangkat keras perangkat, memungkinkan menciptakan pengalaman pengguna yang mirip dengan aplikasi asli pada perangkat seluler. Karena mereka adalah jenis halaman web atau situs web yang dikenal sebagai aplikasi web, tidak ada persyaratan bagi pengembang atau pengguna untuk menginstal aplikasi web melalui sistem distribusi digital seperti Apple App Store atau Google Play.

Meskipun aplikasi web telah tersedia untuk perangkat seluler selama perangkat seluler telah ada, mereka umumnya tertinggal di belakang aplikasi asli dalam hal kecepatan, fitur, dan adopsi pengguna, terutama pada perangkat seluler. Akses langsung ke perangkat keras dan kemampuan untuk bekerja offline, yang sebelumnya hanya tersedia untuk aplikasi asli, memungkinkan PWA untuk bekerja lebih cepat dan untuk menyediakan lebih banyak fitur yang sejalan dengan aplikasi asli.

PWA tidak memerlukan bundling atau distribusi terpisah. Publikasi aplikasi web progresif seperti untuk halaman web lainnya. PWA bekerja di peramban apa pun, tetapi fitur "seperti aplikasi" seperti tidak bergantung pada konektivitas, memasang ke layar beranda dan pesan push bergantung pada dukungan peramban. Pada April 2018, fitur-fitur tersebut didukung pada berbagai tingkatan oleh browser Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Apple Safari, tetapi lebih banyak browser yang mendukung fitur yang dibutuhkan di masa mendatang.

Anda dapat melihat halaman yang dibuat dengan PWA pwa.web.id, buka melalui browser ponsel dan kemudian coba matikan koneksi, pada saat kondisi koneksi terputus halaman web masih tetap bisa dibuka, meskipun halaman browser Anda refresh.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Pelajari lebih lanjut tentang jaringan komputer, cara konfigurasi jaringan, routing.

Domain dan Hosting

Domain

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "detik.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Hosting

Layanan penginangan web adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka penginangan adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah penginangan terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan penginangan yaitu penginangan berbagi (shared hosting), penginangan dedikasi (dedicated hosting), VPS (virtual private server), dan server kolokasi (colocation server).

Apa perbedaan Hosting dan Server?
Singkatnya hosting merupakan bagian kecil dari server, karena didalam satu server bisa menampung beberapa web hosting.

Proxmox

Proxmox Virtual Environment adalah sebuah proyek open source yang di kembangkan dan di maintain oleh Proxmox Server Solutions GmbH di Jerman. Proxmox VE adalah sebuah platform virtualisasi open source untuk menjalankan aplikasi dan mesin virtual.

Sejarah

Perusahaan Proxmox Server Solutions telah didirikan pada tahun 2005. Pendirinya yaitu Martin Maurer dan Dietmar Maurer yang merilis Proxmox Mail Gateway, sebuah perangkat lunak keamanan untuk melindungi server email dari spam, virus, trojan, dan serangan phishing. Tiga tahun kemudian, pada bulan April 2008 perusahaan membuat platform virtualisasi yang open source alias gratis yaitu Proxmox Virtual Environment (VE), yang merupakan solusi manajemen virtualisasi server lengkap yang menggabungkan virtualisasi container-based dan KVM hypervisor pada satu antarmuka manajemen sistem berbasis web.

Terakhir rilis Proxmox versi 6 mendukung cluster, sehinga mesin-mesin virtual yang ada pada proxmox bisa di cluster ke menggunakan beberapa node sever. Kunjungi situs resmi proxmox Proxmox.com