Minify/Minimisasi

Minify (minimisasi), adalah proses menghapus semua karakter yang tidak perlu dari kode sumber bahasa pemrograman yang ditafsirkan atau bahasa markup tanpa mengubah fungsinya. Karakter yang tidak perlu ini biasanya termasuk karakter spasi, karakter baris baru, komentar, dan kadang-kadang memblokir pembatas, yang digunakan untuk menambah keterbacaan kode tetapi tidak diperlukan untuk mengeksekusi. Minify mengurangi ukuran kode sumber, menjadikan transmisi melalui jaringan (mis. Internet) lebih efisien. Dalam budaya programmer, membidik kode sumber yang sangat kecil adalah tujuan dari kompetisi golf kode rekreasi.

Tinkatkan SEO

SEO (Search Engine Optimation) merupakan teknik optimasi situs web agar muncul di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencarian lainnya. Tak heran banyak perusahan digital seperti portal berita, toko online yang rela membayar mahal untuk jasa SEO. Sebenarnya seberapa penting SEO itu? dan mengapa setiap perusahaan digital selalu membutuhkan SEO?

Dalam perusahaan digital bisa dibilang SEO merupakan suatu kewajiban, sebab dengan menggunakan SEO yang tepat, produk dan jasa dapat dioptimasi kedalam mesin pencari seperti Google. Sehingga calon pelanggan dengan mudah akan menemukan produk dan jasa Anda di mesin pencari.

Apa kaitan minify dengan SEO?

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan SEO, seperti pembuatan keyword, konten menarik, Konten Unik, termasuk kecepatan load situs, dll. Minify merupakan bagian dari SEO karena minify dapat meningkatan kecepatan load situs web. Misal minify css artinya kita melakukan optimasi pada file css untuk meningkatkan perfomance sehingga file css dapat dimuat lebih cepat. Situs web yang dimuat dengan cepat termasuk dalam penilaian SEO. Jadi fungsi minify terhadap SEO adalah untuk meningkatkan perfomance situs web, karena peningkatan perfomance situs web merupakan bagian dari SEO.