Tentang Whois

WHOIS (diucapkan sebagai frasa "siapa") adalah protokol kueri dan respons yang banyak digunakan untuk kueri basis data yang menyimpan pengguna terdaftar atau penerima sumber daya Internet, seperti nama domain, blok alamat IP atau sistem otonom , tetapi juga digunakan untuk cakupan informasi lain yang lebih luas. Protokol menyimpan dan mengirimkan konten basis data dalam format yang dapat dibaca manusia.Iterasi protokol WHOIS saat ini dirancang oleh Internet Society, dan didokumentasikan dalam RFC 3912.

Kegunaan dan Manfaat Dari Whois

Sebagai sebuah fasilitas yang bisa diakses oleh semua orang, tentunya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Whois, beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:

Whois berfungsi untuk menjaga keamanan dan kestabilan internet dalam menyediakan informasi pemilik domain yang berhubungan dengan ISP, jaringan dan juga pemilik domain itu sendiri. Semua informasi tersebut bisa didapatkan dengan rinci dalam whois ini.

Whois juga memberikan informasi yang detail tentang ketersediaan dari sebuah domain. Apabila domain yang anda gunakan belum didaftarkan oleh orang lain, maka secara otomatis nama domain tersebut akan bisa anda gunakan. Registrasi bisa dilakukan dengan cara menggunakan jasa hosting domain yang kredibel dan terpercaya.

Whois memiliki manfaat sebagai sumber pencari data untuk merk dagang dan hak cipta tertentu. Semua informasi tentang server, billing, dan technical contact tercantum dengan lengkap didalamnya.

Yang tak kalah pentingnya, fungsi dari whois adalah membuat kepercayaan visitor atau pengunjung semakin meningkat. Hal ini jelas dikarenakan mereka bisa mendapatkan data yang lengkap tentang kepemilikan dari situs ecommerce, lembaha sosial, perusahaan, dan lain sebagainya.